Kode Etik ITB

Pagi tadi di perkuliahan Etika Rekayasa dan Kapita Selekta, kami mendapat soal UAS take home. Di salah satu soal ujian, kami diminta untuk mencari kode etik ITB. Seperti yang bapak dosen katakan, ternyata hasil pencarian google tidak mengacu ke situs resmi ITB, tapi situs salah satu fakultas di ITB. Format file berupa pdf hasil scan (berupa image). Otomatis kode etik ITB yang panjang itu harus disalin manual. Sebagai mahasiswa pasti merasakan rasa frustasi tidak bisa menggunakan tombol CTRL+C dan CTRL+V :). Oleh karena itu saya terinspirasi untuk men-digital-kan kembali file tersebut.

KODE ETIK ITB

  1. ITB menjunjung tinggi – sikap dan perilaku yang bertanggung jawab, jujur, tulus dan memegang teguh komitmen untuk memenuhi janji. Sebagai warga ITB, semua mempunyai tanggung jawab tidak hanya untuk menjaga integritas atas nama dirinya, namun juga untuk membangun citra dan sosok institusi ITB sebagai perguruan tinggi yang memegang teguh etika, tidak menyalahgunakan kepercayaan masyarakat dan Negara atau mitra di dalam maupun di luar negeri.
  2. Bersikap dan berperilaku inovatif, meningkatkan keberdayaan, melakukan perbaikan secara berkelanjutan dan memiliki komitmen untuk selalu berusaha maksimal untuk mencapai kemajuan yang terbaik. Upaya mencapai keunggulan ditunjukkan ditunjukkan dengan kerja keras untuk mencapai yang terbaik, sesuai dengan kedudukan masing-masing, selalu memperbaiki diri dengan cara-cara yang bertanggung jawab.
  3. Saling mendukung, saling menolong dan bersedia berbagi ilmu demi kemajuan institusi. Prinsip ini didasari atas tanggung jawab untuk tidak hanya memikirkan kemajuan pribadi, namun juga kemajuan bagi mereka yang tergantung atau berada di bawah sub ordinasinya serta kemajuan institusi. Termasuk dalam kebersamaan adalah kewajiban untuk saling memperhatikan baik (well being) anggota masyarakat ITB, termasuk mahasiswa yang dipercayakan atau mempercayakan dirinya kepada ITB, tanggap dan segera bertindak untuk saling menolong.
  4. Menghargai KEBERAGAMAN yang ditunjukkan dengan mengembangkan suasana kehidupan masyarakat yang saling menghormati dan toleran. Warga ITB saling menghormati harga diri sesama warga, atau pihak lain sebagaimana yang bersangkutan ingin dihargai, walaupun nilai, kepercayaan, kebiasaan atau latar belakang sosial budaya seseorang atau sekelompok orang berbeda dengan yang bersangkutan.
  5. Menjunjung tinggi KEADILAN yang diwujudkan dalam sikap dan perilaku yang obyektif, non diskriminatif dan menghargai pihak lain. Prinsip keadilan tidak mengenal standar ganda, dan berlaku di antara maupun terhadap seluruh masyarakat ITB.
  6. Bersikap dan perilaku yang cepat tanggap, tulus dalam menerima dan memberikan umpan balik dan membuka peluang untuk kemajuan sesama, anak buah, pihak lain yang tergabung sebagai warga ITB.
  7. Mendorong meningkatnya KEPEDULIAN SOSIAL yang diwujudkan melalui perilaku untuk memanfaatkan potensi yang dimiliki, tidak untuk dirinya sendiri, tetapi untuk kelompok yang seluas-luasnya, baik di dalam maupun di luar kampus. Setiap warga ITB dapat memberikan kontribusi positif untuk memungkinkan institusi ITB mempunyai makna bagi masyarakat sekitar, secara nasional maupun internasional.
  8. Menghargai capaian yang dihasilkan oleh warga ITB dan sikap untuk tidak melakukan pelecehan, memperlakukan seseorang dengan tidak benar, mengecilkan, mengambil keuntungan yang tidak adil terhadap seseorang.
  9. Menghargai sikap untuk tidak memberikan toleransi terhadap plagiarisme, kebohongan, penampilan yang tidak sopan, pelecehan seksual, pencurian, penipuan, pelanggaran hukum dan norma-norma ketimuran/Indonesia, serta diskriminasi dan penyalahgunaan hak sesama warga atau orang lain atau kewenangan yang dipercayakan kepadanya untuk kepentingan pribadi.
  10. Menghargai sumberdaya yang dimiliki ITB dan sumberdaya yang dimiliki oleh pihak lain yang dipercayakan kepada ITB, menggunakan secara bertanggung jawab dan tidak membiarkan penyalahgunaan terjadi. Dalam keterbatasan, masyarakat ITB harus memikirkan pemanfaatan yang memberikan hasil yang sebesar-besarnya untuk kepentingan bersama.
Advertisements

2 comments on “Kode Etik ITB

  1. Haekal says:

    aseek ada jawaban uas disini :9

Feel Free To Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s