A note for my house #001

Pas lagi belajar untuk ujian Kesehatan Lingkungan tadi, mata sempet berhenti di topik yang menarik, tentang rumah.

Organisasi kesehatan sedunia mendefinisikan rumah sebagai berikut: “rumah adalah tempat untuk tumbuh dan berkembang, baik secara jasmani, rohani, dan sosial”. Definisi ini membawa banyak konsekuensi, yakni, bahwa selain kualitas rumah yang harus baik, diperlukan pula segala fasilitas yang dibutuhkan untuk tumbuh dan berkembang. (Slamet, Juli S. Kesehatan Lingkungan. Bandung: Gajah Mada University Press. 1994. hal 143.)

Hmm, ga bisa ngasal bikin rumah impiannya nih. Kualitas dan Fasilitas. Ini 2 hal yang mesti diperhatikan. Masih menurut buku tersebut, kualitas dapat dilihat dari segi:

  • Bahan bangunan serta konstruksinya
Faktor keamanan menjadi isu utama di segi ini. Bahan bangunan harus dipilih yang berkualitas, sesuai dengan lokasi pembangunan rumah. Jangan gunakan bahan yang beracun, mudah terbakar, mudah rusak, dsb. Konstruksi harus yang kuat, untuk daerah rawan gempa pondasi harus lebih kuat, dan sebagainya.
  • Denah rumah
Di segi ini, faktor psychosocial dari penghuni dalam bertumbuh dan berkembang menjadi isu penting. Apakah penghuni dapat tidur dengan nyaman? Lokasi rumah jangan di daerah bising, atau rumah yang soundproof, atau apalah. Apakah ada tempat untuk belajar? Apakah ada tempat untuk anak bermain? Tempat untuk bersosialisasi dengan keluarga atau tamu. Lokasi kamar mandi, dapur, dan sebagainya.
       
Fiuh, gak gampang mau bikin rumah impian. Banyak hal yang harus dipertimbangkan, mengumpulkan lebih banyak informasi tentang bagaimana itu rumah. Semoga kelak bisa mendapatkan arsitek yang artistik dan bisa menerjemahkan apa yang aku mau ke dalam sketsanya.
   
ps: Masih bingung gimana cara mengutip, udah coba googling, pilih satu artikel, baca sekilas, tampaknya ribet, wew.
Advertisements

Feel Free To Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s