Kecelakaan di Pagi Hari

 

Ceritanya saya lagi ngantar adik berangkat sekolah. Adik saya turun di lapangan tegallega. Lalu saya melanjutkan perjalanan menuju kampus. Melalui rute biasanya.

Kecelakaan ini terjadi di Jalan Gardujati. Setelah lampu merah, saya dan beberapa motor lainnya dengan segera memacu motor kami. Si Satria FU dengan segera melesat lebih cepat dari saya (sial, kalah cepet). Tapi secara tidak disangka-sangka, di depan sebuah hotel, seorang satpam sambil memegang rambu-rambu STOP turun ke tengah jalan menyebrangkan beberapa orang.

Saya kaget, si Satria FU juga kaget. Namun karena posisi saya di tengah jalan, saya gak buru-buru mengerem, pikir saya ngeles ke kanan juga bisa. Berbeda dengan si Satria FU, dia ngebut di kiri jalan, yang lebih dekat posisinya dengan para penyebrang jalan itu. Satria FU segera mengerem motornya, tapi mungkin karena mendadak, dia selip, dan terpeleset, jatuh ke aspal. Ewwww. Pasti sakit.

Saya lihat beberapa orang di pinggir jalan segera membantu si Satria FU, jadi saya putuskan untuk meneruskan perjalanan saja. Gak mau bikin jalanan macet karena menonton kejadian itu. Soalnya saya suka kesal dengan pengendara-pengendara yang penasaran dengan suatu kejadian dan melambat-lambatkan jalannya. Ga bisa liat 1-2 detik aja apa ya, trus jalan lagi, banyak yang mau pake ni jalan nih. Wew, jadi curhat.

Kalo saya analisis, penyebab kecelakaan ini dapat disebabkan karena hal-hal berikut:

  1. Satpam yang sembarangan turun ke jalan untuk menyebrang jalan. Seharusnya penyebrang jalan itu melihat ke kanan dan ke kiri dulu sebelum menyebrang, memastikan memang kondisi aman untuk menyebrang. Tapi mungkin karena bapak satpam ini merasa memegang rambu-rambu stop, sehingga merasa semua kendaraan akan berhenti ketika dia menyebrang (wah sentimen ini).
  2. Kondisi motor Satria FU yang kurang fit. Ban yang sudah licin sehingga mudah selip, atau rem motor yang bermasalah. Seharusnya si pengendara yang lebih mengerti kondisi motornya. Dan jangan ngebut melewati batas yang bisa dia kontrol (untuk mengerem, ngeles, berbelok, dan lainnya).

Lokasi kejadian di Jalan Gardujati ditandai dengan panah hijau

Feel Free To Leave a Reply

