Story of My Name – From Umar to Maru

 

Aku terlahir dengan nama lengkap ‘umar ‘abdul ‘aziz. Tanda apostrof di tiap awal kata menunjukkan kalau namaku di ambil dari huruf arab ‘ain. Seperti kebanyakan orang, di mana nama panggilan diambil dari nama depan. Jadi secara default nama panggilanku umar.

Ketika memasuki bangku sekolah SD, aku punya teman yang bernama umar al-katiri. Damn, another umar. Tapi saat itu aku yang mendapat panggilan umar, dan temanku lebih sering dipanggil al-katiri. Hoho.

Ketika memasuki bangku kuliah SMP, aku punya teman yang bernama umar abdul aziz. Damn, ini lebih kembar lagi. Di bangku SMP ini kami banyak dapat nama panggilan untuk membedakan kami. Misal umar besar (aku) dan umar kecil (dia) karena ukuran tubuhku yang lebih besar dibanding dia. Atau umar malang (aku) dan umar surabaya (dia) karena asal kota kami yang berbeda. Kalo ga salah di absensi waktu itu sempet ada nama umar A (aku) dan umar B (dia). Dan akhirnya panggilan yang paling melekat, dari guru bahasa inggris yang baru, adalah aziz (aku) dan umar (dia). Sampe saat ini kalau ketemu dengan teman-teman SMP, mereka memanggilku aziz.

Menginjak bangku SMA nama panggilanku kembali ke umar. Tapi entah bagaimana mulanya akhirnya beberapa teman memanggilku dengan nama markeco, ato kadang disingkat keco saja. Wew.

Waktu sempat mengenyam pendidikan di kampus brawijaya, aku dapat panggilan baru. Ceritanya ada 1 geng cewek yang saling memanggil satu sama lain dengan akhiran ‘u’, misal niken menjadi nikun, zaza menjadi zu, putri cukup pu saja. Dan mereka memanggilku dengan panggilan umaru, atau maru saja. Waktu itu sedang booming2nya friendster (yang akhirnya tutup juga layanannya pada akhir mei 2011 kmaren). Nama maru tersebut kupakai untuk nama friendster “maru the slayer“. Kalau aku bikin nick itu sekarang pasti udah kena sebuatan 4L4y, haha. The slayer aku ambil dari nick yang kubuat sendiri waktu smp untuk dunia maya.

Keluar dari brawijaya aku menyempatkan diri dulu untuk bimbingan belajar di GO bandung selama 1 tahun. Saat itu aku memperkenalkan diri dengan nama umar. Friendster masih booming saat itu, dan dengan adanya internet di ruang diskusi, kami saling bertukar alamat friendster. Karena nickku di friendster adalah maru, jadi mereka memanggilku dengan nama maru. Setelah dipikir-pikir nama maru asik juga, sounds cute, eaaa. Haha. Akhirnya sejak itu kalau memperkenalkan diri ke teman (yang bersifat informal) dengan nama maru, tapi kalau ke dosen (yang bersifat formal) dengan nama umar. Nama panggilan maru ini masih kupakai sampe saat ini.

Ada kejadian lucu, ato bego ya, terkait nama maru. Waktu aku memperkenalkan diri “nama saya maru, tapi aslinya umar” kata mereka “wah namanya tinggal dibalik ya, huruf ‘u’ nya ditaruh di belakang. Dan saat itu aku baru sadar, lho, iya ya, kaya dibalik, haha. Jadinya orang-orang menganggapku bermain-main dengan namaku, padahal cerita dibalik maru lebih dalam.

Sampai saat ini aku masih sering menemui orang-orang yang suka memanggilku sesuka mereka, seperti maruto (plesetan dari naroto), atau shikamaru (karakter di naruto), atau parahnya maruko (ew ini kan cewek).

10 comments on “Story of My Name – From Umar to Maru

  1. si uman says:

    dasar 4L@y.. haha 😛

  2. Citra W. Hapsari says:

    wahh…historynya…hihii,kumplit :mrgreen:

  3. geesradio says:

    Maruko, sound nice 🙂

  4. otidh says:

    Haha, nama panggilan ya… Kalo ttg nama, aku cuma pernah dipanggil dhito atau otidh aja. 🙂

    Kalo julukan sih banyak… :mrgreen:

  5. dhana says:

    kayak nama kucing mar…:D

  6. ssabrina says:

    maru itu artinya lingkaran di jepang 😀
    wah akhirnya terbuka juga misteri nama kamu mar!

  7. orenjeck says:

    kak umar kak maru
    maruko 😛 waahhahahha…
    lucu-lucu… 😀 😀 jd pengen nulis juga

Feel Free To Leave a Reply

