Pengendara Kendaraan Bermotor Kota Bandung Awas Ditilang

Per 1 Juli, Pelanggar Stop Line Ditilang

Saturday, 25 June 2011
 

https://i0.wp.com/www.indiandrivingschools.com/images/stopline.jpg

BANDUNG– Satlantas Polrestabes Bandung akan menindak pelanggaran pengendara kendaraan bermotor yang berhenti melewati garis perlintasan (stop line) di jalan raya per 1 Juli 2011.

Selama ini pelanggar tersebut memang belum pernah ditindak. Kasatlantas Polrestabes Bandung AKBP Sambodo Purnomo mengatakan, pelanggaran tersebut harus dikenai sanksi karena dianggap bisa membahayakan pengguna jalan lainnya.“Ke depannya, setelah tanggal 1 Juli mendatang kami akan menindak tegas pelanggaran stop line di persimpangan,” kata Sambodo di ruang kerjanya,kemarin.Hal tersebut dilakukan untuk melindungi pengguna jalan lainnya dari kecelakaan yang mungkin terjadi. Selain itu, lanjut Sambodo,Kota Bandung sebagai salah satu destinasi tujuan wisata yang mengharuskan setiap warganya untuk tertib di jalan. Selama ini pelanggaran di stop linecukup mencolok.

Dia menjelaskan,selama ini pelanggaran yang kerap di kawasan persimpangan Jalan Cicadas- Jakarta, lalu persimpangan Jalan Kiaracondong- Soekarno-Hatta, persimpangan Jalan Buahbatu-Soekarno- Hatta,dan persimpangan Jalan Soekarno Hatta-Pasirkoja.

Pasca pemberlakuan kebijakan baru tersebut,Sambodo melarang anggotanya menyuruh maju para pengguna jalan, khususnya sepeda motor untuk melewati stop line,sekalipun alasannya untuk mempercepat, mengatur,atau mengurai kepadatan lalu lintas. Satlantas Polrestabes Bandung sebelumnya dengan dinas terkait akan melakukan pengecatan ulang garis stop line,terlebih yang dianggap krusial atau rawan.

“Pelanggaran stop linetelah tertuang di dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) pada Pasal 287 ayat 1,”jelas Sambodo. Pada ayat tersebut dijelaskan bahwa setiap orangyangmengemudikan kendaraan bermotor di jalan dan melanggar aturan perintah atau larangan yang dinyatakan dengan rambu lalu lintas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat 4 huruf a, atau marka jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat 4 hurufb, dipidana dengan pidana kurunganpalinglamaduabulan atau denda paling banyak Rp500.000. irvan christianto

sumber: http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/408256/

Sekedar ingin berbagi informasi saja dengan rider-rider lain. Mobil jarang sih yang melanggar stop line, tapi motor banyak, termasuk saya. Padahal dulunya saya pengguna jalan yang taat rambu lalu-lintas, entah sejak kapan saya jadi ikut-ikut melanggar stop-line. Tapi saya ingat alasannya. Karena ketika lampu lalu-lintas berubah menjadi hijau. Kendaraan-kendaraan responnya lambat untuk langsung bergerak. Wajarlah kalau mobil, karena berat untuk tarikan awalnya, tapi motor-motor lelet itu sungguh mengganggu. Oleh karena itu saya berusaha berada di garis terdepan di persimpangan jalan. Kalau dalam motoGP mencari pole position, first row at least.

Kembali ke topik aturan ini. Seperti yang sudah tercantum di undang-undang, aturan ini sebenarnya sudah lama. Tapi sampai sekarang banyak yang melanggar. Dua hal yang menjadi penyebabnya menurut saya. Pertama, kurangnya sosialisasi aturan ini. Kedua, setelah aturan dibuat kurang ada pengawasan pada berjalannya aturan ini. Sanksi sudah ada padahal, cuma yang menindak belum jalan. Saya mendukung penegasan aturan ini, karena memang aturan ini tujuannya demi ketertiban jalan. Semoga penegasan aturan ini gak rame di awal aja, tapi bisa berjalan seterusnya.

Repost berita ini lewat blog saya juga bagian sosialisasi, siapa tau ada fans blog saya yang tidak membaca berita di seputar indonesia atau lain-lain, hoho.

Advertisements

4 comments on “Pengendara Kendaraan Bermotor Kota Bandung Awas Ditilang

  1. coekma says:

    kalo di malang jarang ada stop linenya, atau udah buram jadi ga keliatan hahaha…

  2. mujo says:

    seinget awa selama awa nyetir motor blum pernah sekalipun kena tilang bahkan stop polisi, kalo pas awa dibonceng sih pernah pas sama iwan jg

Feel Free To Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s