Nyalakan Lampu Motor di Siang Hari

Satu Jam Razia, 650 Pengendara di Bandung Ditilang

Tribunnews.com – Rabu, 13 Juli 2011 11:24 WIB

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Dicky Fadiar Djuhud

https://i1.wp.com/www.hendra.ws/wp-content/uploads/2009/12/lampusianghari.jpgTRIBUNNEWS.COM, BANDUNG – Hanya dalam waktu satu jam, sebanyak 650 surat tilang dikeluarkan polisi saat menggelar Operasi Patuh Lodaya 2011, di depan Markas Kepolisian Resor Kota Besar (Mapolrestabes) Bandung, Rabu (13/7/2011).

Operasi yang dimulai pukul 09.00, dan berakhir pukul 10.00 WIB.

“Evaluasinya hari ini, polisi akan memperbanyak spanduk dan stiker serta imbauan kepada masyarakat agar menyalakan lampu di siang hari,” ujar Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polrestabes Bandung.

Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Bandung melakukan tilang kepada puluhan pengendara khususnya roda 2 (motor).

Sebagian besar karena tidak menyalakan lampu motor siang hari. Halaman Mapolrestabes Bandung pun mendadak penuh oleh para pengendara yang melanggar.

sumber: http://www.tribunnews.com/2011/07/13/hanya-sejam-operasi-650-pengedara-di-bandung-ditilang

Akhirnya, setelah sekian lama, saya mendengar juga ada yang ditilang karena tidak menyalakan lampu motor di siang hari. Entah sejak kapan tepatnya, saya lupa, ada kampanye safety riding. Salah satu hal yang dikampanyekan saat itu adalah untuk menyalakan lampu motor di siang hari. Alasannya karena dengan menyalakan lampu motor di siang hari, dapat membuat pengguna jalan lain menjadi lebih awas akan keberadaan kendaraan kita.

Saya sih setuju aja dengan alasan itu, karena itu dengan senang hati saya menyalakan lampu motor di siang hari. Gak peduli orang lain berkomentar “lho kok lampunya nyala” “ah, boros bensin itu”, yang penting saya mau lebih aman dalam berkendara.

Waktu ada aturan helm SNI, dan banyak pengguna motor yang ditilang karena tidak berhelm SNI, saya malah heran. Klo pake helm SNI kan cuma demi keselamatan diri, tidak menambah keselamatan orang lain. Tapi kalau menyalakan lampu motor di siang hari kan bisa menambah keselamatan orang lain. Kenapa saya gak pernah denger penilangan untuk tidak menyalakan lampu motor di siang hari?

Pas baca berita ini dalam hati saya teriak “AKHIRNYA!!!” haha. Lalu jadi terpikir oleh saya, kalau sampe ditilang, berarti ada aturan resminya dong. Lalu saya coba googling, dan ketemu.

Undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pasal 107 menyebutkan

  1. Pengemudi kendaraan bermotor wajib menyalakan lampu utama kendaraan bermotor yang digunakan di jalan pada malam hari dan kondisi tertentu.
  2. Pengemudi sepeda motor selain mematuhi ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) wajib menyalakan lampu utama pada siang hari.

Pasal-pasal yang lebih lengkap ada di link berikut: http://ppid.polri.go.id/upload/files/UU_22_Tahun_2009.pdf

Wow, sudah sejak 2009 ternyata, sudah 2 tahun berlalu. Tapi seperti biasanya, ketika ada aturan, hal yang sering dilupakan adalah memantau berjalannya aturan itu dan sanksi untuk yang melanggar. Dan sekarang di beberapa sudut Kota Bandung sudah dapat ditemui spanduk kampanye menyalakan lampu motor di siang hari.

O ya, berikut ini ada artikel menarik tentang analisis mengenai respon mata dan lampu motor: http://www.untan.ac.id/?p=314

Banyak pro dan kontra soal aturan ini. Kalau memang aturan ini bener, setelah aturan ini berlaku, angka kecelakaan seharusnya berkurang. Ada yang punya info?

Advertisements

19 comments on “Nyalakan Lampu Motor di Siang Hari

  1. Asop says:

    Saya setuju aja akan aturan ini. Tapi, saya hanya memohon pada pengendara motor untuk tidak menyalakan lampu besarnya saat siang hari. Lampu biasa aja, jangan lampu jarak jauh. Pas saya lihat di spion, pantulan cahayanya mengganggu sekali. 😦

    • iya sih, klo lampu jauh lebih mengarah ke mata, tapi lampu jauh di siang hari gak akan sesialu lampu jauh di malam hari. Tapi klo memantul dari spion, lain lagi ceritanya, teramplifikasi ya cahayanya, ato karena seolah-olah jarak pancaran menjadi lebih dekat.

  2. ages says:

    setuju sih setuju tapi polisi jangan seenak anya saja saya tadi dari rumah sudah nyalakan lampu pas ada razia saya di setop polisi ditilang juga.dengan enak nya bilang baru kamu nyalahin mungkin saat ini bapak bisa bilang.lain x ga bakalan saya dah punya siasat nya dan mungkin bapak ga bisa bilang baru nyalain ????????????????????/ kena pasal 29304 saya juga ga tau pasal apa,an tuh

  3. willdy says:

    sy setuju setuju aja si gan.. tapi polisi nilang nya jangan sembarangan.. sy hampir celaka gara” polisi nilang yg g nyalain lampu depan sy.itu kan bahayain pengendara lain ia gan..thank;s

  4. inotwp says:

    gara2 nyala lampu siang malem lampu motor cpt jebol neh,
    apa gak sbaiknya pagi dan sore- malem aja neh

    • Ah, masa cepet jebol sih, lampu saya gak kenapa2 tuh walaupun selalu nyalain lampu motor sejak beberapa tahun belakangan. Lagipula kalo motor mati kan lampunya istirahat.

  5. lukman says:

    Bro, tadi page gw juga kena tilang karna lampu gak nyala, kebetulan yg tilang ada logo BM di tanganya.
    Pol : Selamat pagi, bapak tahu kesalahnnya apa
    Gw : tau pak ! lupa gak nyalain lampu
    Pol : Mau tilang ato gimana?
    Gw : kalau tilang sidangya dimana, kalau damai berapa
    Pol : kalau tilang sidangya di Tigaraksa Tangerang (Buset jauh amat), kalau damai 100 ribu.

    setelah tawar menawar akhirnya terjadi kesepakan antara penyuap dan yang disuap 50 ribu

    …………yang bikin saya ketawa disebelah saya juga ada yang kena tilang dengan kasus yang sama cuma kena 15 ribu tapi yang nilang bukan BM,

    apa ada perbedaan tarif antara BM dan Non BM……

    Semoga Polisi BM yang nilang saya di Mutasi ke Papua atau ke Perbatasan Timor Leste

  6. rizky says:

    Hm.. aneh, pernah ketilang kaya gini di depok, dan… begitu distop pak polisinya langsung gua nyaliin lampunya.. dan?

    pak polisi : Lain kali lampunya dinyalakan ya dik

    Pesan Moral, polisi di indonesia gak punya cukup bukti untuk menuduh kita selama itu bukan pelanggaran fisik (helm, motor dua tak, spion, plat motor, dll)

  7. hendra says:

    mau nanya :
    1. kenapa klo mobil ngga dinyalakan lampunya waktu siang hari;
    2. apakah boleh pengendara mobil nyetir sambil menggunakan hp;
    3. kenapa angkot ngga menggunakan sabuk pengaman, kan sangat rawan bisa berhenti dimana aja, termasuk ada tanda tidak boleh berhenti, tolong di tindak klo ngga disosialisasikan ke supir angkot
    4. jika di pagi hari banyak pengendara motor yang tidak menggunakan helm khususnya yang dibonceng
    5. kayanya dibandung banyak yang buta huruf maupun buta warna, ada tanda tidak boleh berhenti dengan seenaknya berhenti, ada rambu warnanya merah main nyelonong aja jalan terus…
    terima kasih dan mohon tindak lanjutnya khususnya di kota bandung… wass..

    • wah, ini saya coba jawab darikacamata saya aja ya.
      1. Ukuran mobil lebih besar dibanding motor, jadi terlihat lebih jelas. Lalu mobil di dalam kota jarang yang berkecepatan tinggi, sedangkan motor, bisa tiba2 sudah muncul di depan anda, makanya lampu motor diperlukan biar lebih awas.
      2. Baik mobil maupun motor, seharusnya gak boleh menggunakan hape. Karena akan membuat pandangan kita ke arah hape, jadi gak awas ke jalan. Ini bahaya. Saya sendiri di motor pake earphone, untuk jaga-jaga kalo ada yang telpon, jadi saya bisa terus nyetir, tanpa perlu mengalihkan pandangan.
      3. Wah, iya, mestinya supir angkot, dan penumpang yang duduk di depan pake sabuk pengaman, pada dasarnya mereka sama dengan kendaraan roda empat lainnya. Ini kayaknya masalah di ketegasan aparat.
      4. Ini juga hal yang salah. Pengendara motor pagi hari menganggap kalau pagi, polisi-polisi sibuk mengatur lalu lintas, makanya gak akan ditilang (saya tahu karena saya pernah mikir gini juga). Dilema aparat, kalau dia menilang, nanti yang mengatur lalu lintas siapa. Harusnya pengendara motor sadar kalau helm itu berguna untuk keamanan mereka.
      5. Kalau masalah melanggar rambu lalu lintas, sepertinya gak cuma di bandung aja. Padahal rambu-rambu itu dibuat ada alasannya. Misal ada tanda dilarang stop di dekat tikungan, maksudnya kan agar gak berhenti di situ dan menyebabkan macet. Saya juga gak tau gimana mengatasi ini. Yah, kesadaran masing-masing dulu saja.

  8. embun berkabut says:

    Coba dicek dah … apa ada pengaruh nyalain lampu motor di siang hari ama penurunan angka laka lantas motor. Kalo petugas sering operasi masalah lampu motor sih memang angka laka lantas motor jadi menurun … tapi bukan karena nyalain lampu di siang hari coooy, itu terlebih karena efek operasi petugas aja yg bikin pengendara motor jadi takut ugal2an.

    • Belum nemu data tentang itu. Kalau soal ugal-ugalan itu kesannya ngebut dengan sembarangan kan. Kalo saya tetep lah di jalan ngebut. Mau ada polisi atopun engga. Tapi saya sebagai pengguna motor, emang merasakan mata lebih awas ketika ngeliat motor lain menyalakan lampunya.

  9. yang komentar dr kepolisian nih ko jwbannya slalu berpihak, klo aku msh bersyukur sudah dikasih terangnya sinar matahari yang menerangi bumi pada siang hari

  10. APA KURANG TERANG BENERANG DENGAN LAMPUNYA CIPTAAN ALLAH YANG BEGITU SEMPURNA,NANTI BUAT ATURAN APALAGI NIH MGKN SABUK PENGAMAN BUAT KENDARAAN BERMOTOR KALII..

  11. rian says:

    matamu picek… itu mendung dan atau hujan, kabut, wajar pakai lampu, kalau siang terang benderang….. ? dasar manipulator!!

Feel Free To Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s