puasa yang singkat

 

Postingan ini bukan tentang singkatnya masa puasa yang hanya 1 bulan. Bukan tentang kerinduan dengan Ramadhan. Tapi hal yang lebih konyol. Puasa yang biasanya dimulai sejak subuh dan berakhir saat bedug maghrib, ternyata berakhir lebih singkat. Haha.

Gara-garanya adalah penetapan tanggal 1 syawal yang berbeda-beda tahun ini. Muhammadiyah menetapkan 30 Agustus 2011 sebagai 1 Syawal 1432 H, sedangkan NU dan pemerintah menetapkan 31 Agustus sebagai 1 Syawal 1432 H. Kalo saya sih gimana keluarga di rumah aja. Karena semalam baru sampai di rumah malam banget, dan saya sudah lelah, saya langsung masuk kamar dan tidur, tanpa sempat ngobrol-ngobrol dengan keluarga.

Jam 4 pagi saya dibangunkan untuk sahur. Saat itu saya baru tau kalau ayah dan ibu saya gak ikut sahur, sedangkan adik-adik saya masih sahur. Karena udah terlanjur bangun ya sudah saya sahur saja. Karena masih lelah, setelah makan saya langsung masuk kamar lagi dan tidur pulas.

Kira-kira jam 10 pagi saya bangun tidur. Tenggorokan saya makin sakit. Yup, saya sedang radang tenggorokan, dan flu, karena itu stamina jadi turun, cepat lelah. Saya keluar kamar, dan kaget. Kok lagi pada makan, bukannya tadi katanya pada mau puasa. Sisa saya nih yang masih puasa. Saya duduk-duduk di depan TV. Adik saya yang paling kecil nyeletuk lagi, “ih kak umar, haram lho puasa sekarang”. Wew. Setelah merenungi tenggorokan yang perih, akhirnya saya ke dapur dan ambil air minum. Adik-adik saya lalu tertawa, “akhirnya ikut makan juga”. Resmilah hari ini cuma puasa 6 jam, cukup singkat, apalagi selama 6 jam itu saya tidur. Bener-bener gak kerasa.

Lalu saya teringat, ini bukan satu-satunya puasa singkat saya. Beberapa tahun yang lalu. Saat masih SMA, saya mudik dari Malang ke Bandung. Bus yang saya tumpangi ternyata cukup ngebut juga. Seharusnya di jadwal sampai jam 7 pagi, eh ternyata jam 5 pagi saya sudah sampai di Bandung. Saya masih buta Bandung saat itu, karena itu rencananya orangtua saya akan menjemput kalau saya sudah sampai. Dan itu masih 2 jam lagi. Seingat saya saat itu saya belum pegang HP, dan gak tau nomor telpon rumah, jadi saya gak tau bagaimana mengabari keluarga kalau saya sudah sampai.

Karena suhu udara pagi yang dingin, saya memutuskan untuk masuk ke sebuah warung kopi, seperti penumpang-penumpang bis yang lain. Lama-kelamaan saya gak enak juga kalau cuma numpang. Akhirnya saya pesan segelas kopi. Haha, batal deh puasanya, padahal tadi sudah bela-belain sahur di bis. Kira-kira cuma satu setengah jam lah berpuasa.

Hal ini membuat pikiran saya melayang ke hal lain. Beberapa hari yang lalu dosen mekflu bercerita. Dulu dia pernah kuliah di norwegia yang matahari cuma bersinar sebentar. Bagian bumi yang lebih dari lintang 60 derajat seperti itu katanya. Hmm. Kalau seperti itu, brarti siang mereka cuma sebentar. Dan mereka puasa cuma sebentar dong. Menentukan waktu solat biasanya dari posisi matahari bukan sih? Kalau gitu gimana yang tinggal di kutub, 6 bulan matahari bersinar, dan 6 bulan lagi tidak. Ah, saya gak ngerti. Ada yang tau?

Advertisements

9 comments on “puasa yang singkat

  1. Asop says:

    Wah, kenapa ikut2 keluarga? ๐Ÿ˜€
    Kalo yakin pada diri sendiri sih, terusin aja puasanya… ๐Ÿ™‚
    Euh, tapi.. situ sholat id gak sih? :mrgreen:

    SOal matahari singkat di Norwegia, ya itu rejeki muslim di sana. Ada gak enaknya tuh. Waktu sholat dhuhur dan ashar sedikit banget. :mrgreen:

  2. Soalnya saya gak ngikutin berita soal kapan 1 syawalnya, dan udah jadi kebiasaan kalo keputusan itu saya serahin ke ayah saya aja. Ikut solat yang rabu jadinya.
    O iya ya, ada tradeoffnya, keburu-buru solatnya.

  3. johan says:

    zakat fitri nya udah belum tuh?
    awa sih ikut yg hari selasa ๐Ÿ˜€

  4. otidh says:

    Wis..wis… ora konsisten :p
    Btw, adike sampeyan lek nyeluk kok nggae “kak” seh? Agak aneh aja.. :))

Feel Free To Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s