The Internet Movie Database (IMDB)

 

Sebagian orang mungkin sudah mengenal IMDB. Situsnya bisa diakses di link ini. Situs tersebut menyediakan database film-film yang sangat lengkap. Tidak hanya film barat, tapi juga film asia, dan bahkan film indonesia juga ada di situs ini. O ya, serial TV juga ada di situs ini.

Informasi yang diberikan sangat lengkap. Siapa saja aktor/aktriss yang main di film itu,  sinopsis singkat dari filmnya tanpa membocorkan spoiler-spoiler penting, link untuk trailer film, tanggal rilis untuk beberapa negara, review dari user-user yang lain, dan yang paling penting buat saya, rating dari film tersebut.

Dengan melihat rating dari film tersebut saya bisa menentukan apakah suatu film menarik untuk ditonton atau tidak. Biasanya rating 7/10 (7 dari 10) itu sudah berarti film tersebut menarik, apalagi kalau rating film tersebut 8/10. Film dengan rating di atas 8 yang saya tahu tidak banyak, salah satunya mungkin Inception (2010) yang memiliki rating (saat tulisan ini dibuat) 8.9/10. Tapi dengan melihat rating saja tidak cukup, karena yang memberi rating adalah user-user dari IMDB, karena itu perlu dilihat juga angka user yang memberi rating. Biasanya angka 50,000 users cukup bagi saya untuk memvalidasi rating tersebut. Film Inception (2010) sendiri dirating oleh 413,580 users, angka yang sangat besar. Oke, Inception memang keren. O ya, rating ini bersifat dinamik, karena dengan makin banyak user yang memberi rate, nilai dapat berubah tentunya.

Karena saya hobi menonton film, akhirnya mengikuti jejak seorang teman, saya mendaftarkan diri sebagai user di situs tersebut. Awalnya user itu saya pergunakan untuk memberi rating di film-film yang telah saya tonton saja. Film-film yang telah saya rating bisa dilihat di My Rating. Nilai-nilai yang saya berikan tersebut tentu saja bersifat subyektif. Misalnya untuk film The Prestige (2006) (8.4/10 dari 270,041 users) saya memberi rating 10, sedangkan Inception hanya saya beri rating 9.

Ternyata IMDB memiliki fitur Watchlist. Awalnya saya tidak mengerti film-film seperti apa yang akan dimasukkan ke watchlist. Akhirnya, karena film-film yang sudah saya tonton pasti saya rate dan masuk ke My Rating, maka film yang saya letakkan di watchlist adalah film-film yang akan saya tonton. Saya letakkan di situ, lalu kalau ada waktu akan saya download film tersebut untuk ditonton lain waktu. Selesai menonton, saya rate, dan dicopot dari list. Dengan adanya fitur My Rating dan Watchlist, saya bisa berbagi dengan teman-teman saya film-film apa saja yang sudah saya tonton dan penilaian saya terhadap film tersebut. Tentu saja kedua list tersebut harus di set public dulu agar dapat dilihat orang lain. Lalu saya juga bisa melihat rating dari teman saya yang juga memiliki user di IMDB. Yuk, bikin user di IMDB.

ps: di IMDB ini juga ada top 250 film sepanjang masa, dan peringkat pertama masih diduduki oleh The Shawshank Redemption (1994) dengan rating 9.2/10 dari 641,791 users. Saya sendiri belum sempat menonton film ini, padahal filenya sudah ada di harddisk, ew. List tersebut dapat dilihat di link ini.

Advertisements
This entry was posted in Movies.

15 comments on “The Internet Movie Database (IMDB)

  1. Asop says:

    Yap, saya sering melihat imdb dulu sebelum beli film *bajakan* atau donlot. :mrgreen:
    Kalo rating udah di atas 7.0, udah pasti layak tonton lah. Tapi sebenarnya rating 6 aja lumayan, soalnya supaya dapet rating 7 ke atas itu susah. 😀 Transformers 3 ama Cowboys & Aliens aja cuma dapet poin sekitar 6. 😀

  2. Irfan Handi says:

    info bagus mas.
    Salam kenal.

  3. fighterlady says:

    waww, jadi pengen bikin akun di imdb juga…trus ngasih ratingnya gimana? maksudnya, sya sih penyuka segala genre kecuali slasher orz , jadi kayaknya semua yang saya tonton maunya dikasih rating bagus deh… 😀 gak jadi masalah kan, toh perhitungan nya akumulasi kan?

    oiya, salam kenal

    • Salam kenal juga.
      Kasih ratingnya, tinggal klik aja di simbol bintang-bintang yang di sebelah tulisan rating, mau kasih bintang 7, 8, 9, 10, dsb. Bebas mau ngasih berapa, gak perlu terpengaruh orang lain, toh ini subyektif kita.

  4. Diamondheart says:

    Salam..buat sdra, sya dri msia.trimaksih krna info nya.skrg sya dh tau, apa itu IMDb.ok see u.

  5. Edi says:

    Thank you infonya bro…!!!

  6. mahar says:

    yupz…komen yg telat dan banget…br tau IMDb tu ap. brsn buka juga…sherlock tuh gan, 9.3..

  7. marlo says:

    the shawshank redemption memang keren filmnya. thanks for infonya min

  8. Teguh Hati says:

    saya sering buka IMDb… tapi gimana ya bung cara nonton di situs ini langkah apa yang harus dilakukan min ? mksh salam kenal

  9. coco says:

    Makasih Gan, ahirnya Saya tahu apa itu IMDb, pencerahan yang bagus

  10. buat suka download film
    coba di sini
    bliztcinema.com

  11. johnsenjohn says:

    tapi memang dengan adanya imdb bisa jadi tau film film yang baru baru

Feel Free To Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s