jangan menyalip mobil dari kiri

 

Obrolan suatu siang dengan seorang teman, cewek.

“Maru, kalo nyalip mobil jangan dari kiri, serem”

“Loh, kenapa stel? Serem karena mepet sama kamu yang lagi duduk di sebelah kiri ya?”

“Bukan, itu kalo aku lagi nyetir kok. Soalnya sebelah kiri kan sisi jauh dari posisi nyetir, spion kiri juga jauh”

“Oooh, i see, i see”

Memang, kalau melihat papan-papan di jalan tol, ada tulisan “Gunakan lajur kanan untuk mendahului”, dengan kata lain, jangan mendahului dari kiri. Awalnya saya menganggap alasan aturan ini karena lajur yang lebih kanan digunakan untuk lajur yang lebih cepat lajunya dibanding lajur sebelah kiri. Karena itu wajar jika menyalip dari sebelah kanan. Tapi rupanya ada alasan lain seperti yang diungkapkan teman saya di obrolan di atas. Alasan yang make sense walaupun saya sendiri belum pernah merasakan menyetir mobil.

6 comments on “jangan menyalip mobil dari kiri

  1. johan says:

    berhubung kemampuan nyetir awa masih cupu, spion kiri palingan cuman dipake pas mau belok kiri doank :p

  2. Asop says:

    Ups, saya kalo ngendarai motor masih sering nyalip mobil dari kiri. Kecuali angkot, saya gak mau nyalip dari kiri. 😦

    • nah, angkot punya kecenderungan tiba2 banting stir ke kiri dan berhenti tanpa mastiin di sebelah kirinya kosong, emang bahaya, dan itu salah satu alasan saya hampir selalu ada di jalur tengah

  3. si uman says:

    makanya belajar nyetir mar 😛

    oh iya, kalo mau nyalip bus, jangan terlalu mepet badan bus (baik di kiri maupun kanan), gak keliatan di spion *curhatan sopir bus kepada saya* 😀

Feel Free To Leave a Reply

