Laptop ga bisa menyala

 

Sedih, laptop saya ga bisa menyala. Padahal banyak film yang belum ditonton. Banyak tugas kuliah yg pengen dikerjain. Banyak ide yg ingin ditulis di blog. Untung ada wordpress for android.
Kira-kira beberapa minggu yang lalu tiba2 laptop saya gak bisa menyala lagi. Saya duga layarnya yang bermasalah seperti laptop2 merk lain yg sudah berumur. Tapi ketika saya coba menyambungkan port vganya ke monitor reman. Tapi ternyata tetap tidak muncul apa-apa.
Dugaan beralih ke harddisk, karena saat menyalakan laptop, lama-lama suara putaran harddisk berhenti. Jadi OSnya gagal di load. Gawat! Data-data kuliah belum saya backup.
Lalu seorang teman menyadarkan saya saat dia bertanya

“BIOSnya muncul egga?”

Wah, iya juga, BIOS pun ga muncul. Berarti BIOSnya yg gagal di load, dan BIOS terletak d motherboard. Damn! Motherboard rusak sama aja dengan ganti laptop. Arggghhh.
Tapi kadang-kadang setelah mencoba menyala-matikan laptop, akhirnya bisa sukses booting. Kesempatan itu langsung saya gunakan untuk backup harddisk. Tapi posisi laptop ga boleh goyang, tersenggol sedikit langsung hang, dan gak bisa nyala lagi.
Beberapa hari kemudian laptop saya sembuh, bisa menyala dengan normal, first boot. Aktifitas kembali normal. Tapi 2 hari yg lalu kumat lg. Saat post ini ditulis saya masih struggling menyalakan laptop. Ew. Sepertinya laptop ini harus segera direlakan. Masalahnya duit untuk ganti laptop kurang. Saya cuma berminat mengganti laptop dengan seri thinkpad, thinkpad x220 yang terbaru, dan harganya diluar jangkauan.
Opsi lain mulai dipikirkan. Untuk mengerjakan TA masih ada PC di rumah, di ‘bengkel’, di kosan temen, dan kalau beruntung d lab MIC ada PC yang nganggur. Berarti yang saya butuhkan adalah harddisk eksternal untuk me-mobile-kan data-data saya. Lalu saya juga ingin ebook reader, untuk membaca bahan2 kuliah, dan paper-paper untuk TA.
Semoga opsi-opsi itu bisa berjalan lancar.

4 comments on “Laptop ga bisa menyala

  1. Asop says:

    Whuaaaah, mana rusaknya pas jadi mahasiswa tingkat akhir lagi ya… 😦 😦

    Sabar ya…

    Eh emang lappie lama merek apa?

    Itu thinkpad berarti mau beli Lenovo ya? 😀

  2. sabar ya gan. seoga bisa cepat teratasi masalahnya

Feel Free To Leave a Reply

