melihat tiga detik ke depan – art of riding

 

Dalam berkendara, salah satu hal yang penting adalah skill “melihat tiga detik ke depan”. Wow, kaya peramal aja pake bisa melihat masa depan. Tapi skill ini dijamin bebas dari bau-bau mistis. gak perlu pake bola kristal untuk melihat 3 detik ke depan.

Idenya adalah, dalam berkendara, kamu harus bisa menganalisa, bagaimana posisi kendaraan-kendaraan lain dalam 3 detik ke depan. Lalu dari hasil analisa itu kamu memilih jalur yang akan kamu lalui menuju 3 detik itu. Dengan analisa yang tepat, kamu bisa menghindari kecelakaan, atau senggolan yang tidak perlu.

Ambil contoh saya sedang ngebut di bagian tengah jalan. Lalu hasil pengamatan saya ada orang yang menyebrang dari kanan ke kiri. Di sebelah kiri saya ada mobil yang memperlambat lajunya. Perlambatan laju dari mobil tersebut berarti mobil tersebut akan memberi kesempatan untuk orang itu menyebrang. Lalu dari arah yang berlawanan sedang sepi kendaraannya. Maka jalur yang saya pilih adalah dengan mengambil jalur dari arah berlawanan, dan lewat belakang dari penyebrang jalan itu. Tidak lupa sebelumnya saya menyalakan riting ke kanan untuk memberi tahu penyebrang jalan bahwa saya akan mengambil jalur ke kanan, dan dia bisa dengan leluasa terus menyebrang. Hmm, sory kalau susah dibayangkan, andai saya bisa gambar ilustrasinya.

Angka 3 detik itu bukan hal yang baku. Bisa saja berubah menjadi lebih kecil, 1 detik, atau lebih besar, 5 detik. Ada beberapa faktor yang memengaruhi nilai x detik pandangan ke depan, antara lain:

  1. Kecepatan kendaraanmu, semakin cepat maka semakin besar nilai x.
  2. Reflek pengendara, semakin bagus reflek pengendara maka semakin kecil nilai x.
  3. Kondisi kendaraan, misal rem, semakin bagus fungsi pengereman semakin kecil nilai x.

O iya, sekali lagi, untuk skill ini yang paling penting adalah analisa pergerakan kendaraan-kendaraan lainnya. Gak ada teori yang bagus untuk mengembangkan ketepatan analisa. Hanya melalui pengalaman hal ini bisa didapatkan. Selamat turun ke jalan.

Advertisements

Feel Free To Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s