kalau sampe umur 25 kita masih jomblo, nikah yuk

Suatu ketika, jaman SMA dulu, saya punya seorang sahabat cewek. Entah saat itu kami sedang ngobrol apa, tiba-tiba dia mengajak suatu hal yang tidak saya sangka.

“mar, nanti kalau kita udah umur 25, dan masih sama-sama jomblo, nikah yuk”

Saya kaget, dan cuma bisa berkata

“hah! iya deh”

—————————————————————————————————————–

Empat tahun berlalu sejak kejadian itu. Kami hampir tidak pernah bertemu karena kuliah memaksa kami tinggal di kota yang berbeda. Mengobrol pun jarang karena kesibukan masing-masing. Akhirnya pada Lebaran Idul Fitri 2009 saya berkesempatan maen ke malang dan reuni bersama teman-teman SMA. Ternyata sahabat saya juga bisa ikut reuni itu. Kalimat pertama yang dia lontarkan adalah

“inget lho mar, umur 25”

Lagi-lagi saya kaget, karena dia masih ingat dengan perjanjian itu, padahal kami tidak pernah membicarakan itu lagi. Tapi melihat saya sendiri yang juga masih terus ingat, wajar kalau memang dia masih ingat. Saya sih berharap dia sudah lupa, jadi anggap saja perjanjian itu gak pernah ada. Bukannya saya mau menjilat ludah sendiri, tapi rasanya aneh menikah dengan sahabat sendiri (sebagian orang mungkin merasa fine-fine saja).

Saya sempat berpikir, ntar kalo udah mepet umur 25, cari pacar ah, terserah siapapun juga, trus kalo udah lewat 25 putusin aja. Hahaha. Tapi untungnya sahabat saya itu saat ini sedang punya cowok. Semoga hubungannya terus langgeng, sampe lewat umur 25, ups, sampe nikah lah pokoknya.

Lagi-lagi beberapa minggu yang lalu ada seorang teman cewek yang nyeletuk

“ru, ntar kalo sampe beberapa tahun lagi kita masih jomblo, ……”

Saya buru-buru memotong kalimatnya sebelum selesai

“eits, engga engga engga, aku aja ngarep biar perjanjianku yang dulu gak terjadi, eh kamu malah ngajak juga, no way”

Sepertinya sih dia bercanda, soalnya dia bukan tipe cewek yang susah buat dapet cowok. Dan bukannya saya mau jual mahal, tapi karena kami sudah akrab dan tau sifat satu sama lain, saya bisa menyimpulkan kalau kami memang gak cocok buat hubungan serius, cukup teman.

Dua kejadian ini membuat berpikir, apakah perjanjian menikah kalau masih jomblo sampai umur tertentu itu memang tren di kalangan cewek. Tapi 2 kejadian itu terpaut waktu 6 tahun, tren sebesar apa yang melewati rentang 6 tahun. Atau mungkin mereka pernah menonton sinetron yang sama. Entahlah.

8 comments on “kalau sampe umur 25 kita masih jomblo, nikah yuk

  1. Johan says:

    “ru, ntar kalo sampe beberapa tahun lagi kita masih jomblo, ……”, “aku traktir makan deh :))”

  2. Andri Haryono says:

    wewwww…
    ternyata maru laris, hahaha

  3. mar.. 25 is waaay waaaayyyy waaaaaaaaaayyyyy too young to get married. hahahahahahahaha.

Feel Free To Leave a Reply

