mendengarkan musik sambil belajar

Ada tipe orang yang bisa belajar sambil mendengarkan musik, tapi ada juga tipe orang yang butuh ketenangan untuk bisa belajar. Saya sendiri termasuk tipe kedua-duanya. Untuk kasus-kasus belajar yang butuh menghafal, atau yang bacaannya membutuhkan konsentrasi, saya lebih memilih suasana hening, sehening malam yang jauh dari keramaian. Dengan begitu saya akan bisa lebih fokus pada apa yang saya pelajari, bukannya ikut menyanyi. Untuk kasus-kasus belajar yang berupa latihan soal atau meng-coding saya lebih suka ditemani musik. Konsentrasi bukan hal utama, tapi suasana yang menyenangkan, agar tidak cepat bosan yang perlu dijaga, dengan mendengarkan musik.

Tentu saja musiknya tidak bisa sembarang musik. Kalau mendengarkan musik yang bernada nina bobo, bukannya belajar, eh, malah tidur ntar. Selera tiap orang berbeda-beda. Kalau saya, lebih prefer mendengarkan musik dengan irama R&B atau hip-hop seperti Black Eyed Peas. Iramanya yang nge-beat serasa membuat jantung bekerja lebih cepat, sehingga lebih bersemangat. Tapi diantara semua playlist yang saya punya, playlist favorit saya untuk belajar adalah koleksi lagu-lagu Eminem. Musiknya yang simple, nge-beat, dan repetitif sangat cocok di telinga saya. Liriknya yang nge-rap tidak mengganggu saya, karena terlalu cepatnya Eminem nge-rap, liriknya kadang masuk dari telinga kiri dan keluar dari telinga kanan. Eminem is the best!

Advertisements

2 comments on “mendengarkan musik sambil belajar

  1. adel says:

    wew…dasar eminem lover.. musik yg paling pas buat konsentrasi itu macem Pitbul – Give Me Everything Tonight mar. Works really well on me, terutama klo lagi butuh konsentrasi trus disekitar lgi rame parah… ;p

Feel Free To Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s