motor atau nyawa

Kejadian ini terjadi sekitar pukul 03.00 dini hari. Berlokasi di jalan dayang sumbi Bandung. Saat itu saya baru keluar dari McD simpang, duduk-duduk di kursi di luar. Tiba-tiba salah seorang satpam, sambil menunjuk ke arah belokan dayang sumbi, berteriak “itu ada motor yang dibuang”. Saya dan beberapa orang lain yang ada di luar penasaran, dan melihat ke arah yang ditunjuk pak satpam tersebut. Ternyata memang benar, ada motor yang tergeletak begitu saja di pinggir jalan. Karena sepertinya tidak ada pemiliknya, motor diamankan ke dalam parkiran McD simpang.

Menurut pengakuan pak satpam, tadi dia melihat si pengendara motor membuang motor itu, dan lari begitu saja ke arah jalan dago. Aneh sekali memang, untuk apa membuang motor sendiri. Kata orang-orang mungkin si pengendara motor mabuk. Tapi kalo mabuk seharusnya dia tidak membuang motor itu, tapi menabrak ke suatu tempat. Sempat terpikir oleh saya kalo si pengendara bukan pemilik sebenarnya motor itu. Pengendara itu adalah maling, yang tertangkap basah, lalu membuang barang bukti. Tapi kalau memang maling, seharusnya dia tancap gas saja. Toh jalanan sepi dan lengang. Satu-satunya penjelasan yang masuk akal adalah, katanya si pengendara ditodong oleh orang lain di belokan jalan dayang sumbi itu. Lalu daripada nyawa melayang, lebih baik motor saja yang raib. Pilihan yang tepat. Motor hilang bisa diganti, tapi kalau nyawa melayang, there’s no coming back.

Kejadian ini membuat saya mengganti rute. Tadinya saya mau kembali ke kampus lewat jalan dayang sumbi dan parkir di parkiran utara. Tapi karena takut penodong masih berkeliaran, akhirnya saya ambil jalan dago dan parkir di area parkiran SR. Ternyata jalanan Kota Bandung di malam hari mengkuatirkan juga. Padahal, selama 5 tahun bermotor di Bandung ini, dengan jam kepulangan yang bervariasi, saya masih aman-aman saja. Kabar-kabar miring soal jalanan Bandung hanya saya baca di media cetak, televisi, atau internet. Tapi kali ini, ada kejadian yang terjadi di dekat saya. Yeah, bless my luck and protect me.

ps: Selain jalan dayang sumbi yang gelap, sebaiknya hindari melewati jalan layang pasopati di malam hari, katanya di sana sering digunakan sebagai arena balapan liar oleh geng motor.

One comment on “motor atau nyawa

  1. Johan says:

    tapi emang dayang sumbi gelap banget, cuman terang di pas pertigaannya doank

Feel Free To Leave a Reply

