mengurangi waktu bermain facebook (demi TA)

Beberapa minggu yang lalu, demi kefokusan dalam mengerjakan TA, saya berjanji pada diri saya sendiri untuk berhenti bermain game, dsb. Tapi ternyata masih ada hal lain yang mengalihkan perhatian dari TA. Kebiasaan membuka facebook dan mengamati news feed, juga kebiasaan mengamati timeline twitter, menghabiskan banyak waktu. Seandainya tidak ber-social networking pastinya waktu didepan komputer dapat lebih efektif digunakan untuk mengerjakan TA. Something need to be done!

Ada banyak cara untuk mengurangi waktu bermain facebook & twitter ini, antara lain:

  • Menginstall add-on pada browser yang memblokir akses ke facebook & twitter. Blokir ini bisa bersifat permanen, atau hanya pada jam-jam tertentu, tergantung jenis add-on yang digunakan. Teman saya ada yang menggunakan add-on yang membatasinya mengakses facebook maksimal 30 menit dalam 1 hari. Tapi cara ini memiliki kelemahan, di browser chrome ada incognito window, di firefox pun ada yang serupa (saya gak tau namanya, bukan pengguna firefox). Dengan menggunakan incognito window, add-on tersebut menjadi tidak aktif dan kita dapat mengakses facebook & twitter lagi.
  • Men-deactivate facebook & twitter. Atau yang lebih kejam lagi men-delete akun facebook & twitter. Cara ini jelas tidak akan saya gunakan. Saya butuh akun facebook dan twitter saya tetap aktif agar teman-teman saya masih bisa memberi kabar atau menghubungi saya lewat facebook & twitter. Cara deactivate juga memiliki kelemahan. Kita masih bisa login ke facebook, lalu meng-activate lagi.
  • Mengganti password facebook & twitter ke dalam kombinasi yang random. Cara ini adalah cara yang saya gunakan. Saya mengganti password facebook & twitter menjadi (misal) “HoUDsdf&fds”, menuliskannya dalam secarik kertas, lalu meninggalkan kertas itu di rumah. Dengan begitu saya hanya dapat mengakses facebook & twitter selama di rumah. Cara ini lebih efektif karena jarangnya saya berada di rumah dan saya mengerjakan TA menggunakan PC yang ada di kampus. Walaupun begitu, cara ini juga masih memiliki kelemahan. Kelemahan itu muncul karena fitur dari facebook & twitter yang bernama “Forgot My Password”. Dengan fitur tersebut kita dapat mereset password facebook & twitter melalui email kita. Kalau begitu, ganti saja password email kita juga. Ini tidak bisa saya lakukan, karena email juga berisi informasi-informasi akademis. Kalau begitu (lagi), buat saja email baru, lalu pindahkan akun facebook & twitter ke email baru, ubah password email baru tersebut, dan tinggalkan di rumah juga. Urrgghhh, ribet.

Sebenarnya cara-cara di atas tidak perlu dilakukan jika kita dapat mengendalikan diri dari keinginan membuka facebook & twitter. But the temptation will always be there. Karena itu tindakan prevensi tetap harus dilakukan.

10 comments on “mengurangi waktu bermain facebook (demi TA)

  1. otidh says:

    Nggak cuma facebook & twitter yg menghabiskan waktu. Ngeblog juga lho, hehehe…

  2. Asop says:

    Apaaa?
    Kamu masih main di fesbuk?
    Main apa di sana?? 😯

  3. Johan says:

    fesbuk paling buat cuman ngobrol di grup, entah kalo maru palingan buat nge-stalking, intinya bukan mengurangi waktu bermain facebook tapi mengurangi nge-stalking orang yak :p

  4. uman says:

    Mar, TA Mar…

  5. kunam says:

    nah itu dia, baru seminggu ini ngalamin hal yang sama.
    puasa Dragon Nest demi TA yang lebih baik; ujung-ujungnya malah habis dengan nonton + baca manga + 9gag + browsing2 ga jelas juntrungan

Feel Free To Leave a Reply

