what is love – no love

Lagu ini adalah salah satu lagu favorit saya di album Recovery (2010). Di lagu No Love ini, Eminem berkolaborasi dengan Lil Wayne. Seperti lagu-lagu Eminem yang lain, lagu ini bisa memberi saya semangat untuk terus berjuang melakukan sesuatu, apapun rintangannya.

Lirik lagunya terbagi menjadi 3 bagian. Bait pertama dinyanyikan oleh Lil Wayne, lalu masuk ke chorus yang dinyanyikan bersamaan oleh Lil Wayne dan Eminem, lalu bagian ketiga dinyanyikan oleh Eminem. Sebenarnya bukan ‘dinyanyikan’ sih, tapi mereka nge-rap, tapi dari tadi saya kesulitan mencari kata yang pas untuk dimasukkan ke kalimat itu, hehe. Isi lirik rap bagian Lil Wayne dan Eminem tentang orang-orang yang telah mengecewakan mereka di masa lalu, tapi mereka tidak perduli, mereka terus maju, dan di bagian chorus mereka menyatakan “I dont need you no more, dont want to see you no more, bitch you get no love”.

Isi komentar di youtube banyak yang membanding-bandingkan skill rap Eminem dan Lil Wayne, kebanyakan menjelek-jelekkan Lil  Wayne. Saya tidak suka ini, Eminem mengajak Lil Wayne berkolaborasi pasti karena merasa lagu ini bisa bagus dengan kerjasama dengan Lil Wayne. Memang di lagu ini tempo rap Lil Wayne lebih lambat dibanding Eminem yang seperti tidak bernafas, tapi menurut saya justru perpaduan 2 elemen ini membuat lagu ini menjadi menarik.

Video klipnya juga sangat bagus. Memberi pesan yang positif. Video klipnya bercerita tentang seorang anak kecil yang selalu di-bully oleh teman-teman sepermainannya. Bahkan sampai dipukuli. Lalu ketika anak kecil ini kembali ke rumah, dia mendengarkan lagu No Love ini, di kamarnya terdapat poster idolanya, Eminem dan Lil Wayne. Somehow, hal itu membuat anak kecil ini bersemangat lagi, berani keluar bermain lagi. Tapi tetap saja akhirnya anak kecil ini bertemu lagi dengan teman-teman yang mem-bully dia. Video ini menampilkan 2 alternate ending. Ending pertama dimana anak kecil ini membalas memukul, lalu lari, dan tetap tertangkap. Ending kedua dimana anak kecil ini hanya membalas menatap mereka, lalu berlalu begitu saja, maybe saying I dont give a fuck. Menurut Simon Vozick-Levinson dari Entertainment Weekly, lagu+video ini memberi pesan “Bullied schoolkids of the world, take heart: You have two very powerful allies named Eminem and Lil Wayne”.

Eminem – No Love (Explicit Version) ft. Lil Wayne

Lagu ini mengambil sampling dari lagu lama, yaitu What Is Love yang dinyanyikan oleh Haddaway. Sampling ini bisa terdengar jelas di bagian awal lagu “dont hurt me”. Lagu What Is Love ini sendiri juga enak didengarkan, membawa genre Eurodance. Lirik lagu ini sepertinya populer sekali, sampai-sampai banyak sekali joke ketika seseorang bertanya What is love? maka jawabannya adalah Baby dont hurt me, no more. 

Haddaway – What is love (Baby Don’t Hurt Me)

Hahaha, barusan malah nemuin video what is love versi freak. Katanya, bagi orang-orang yang sedang mempertanyakan apa arti cinta, silahkan mencoba menonton video ini, dan semoga di akhir video klip bisa mengerti apa itu cinta. Hahahaha.

Advertisements

Feel Free To Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s