Darks Shadow (2012)

Dark Shadow (2012)

Rating: 6.6 from 10,100 users
Director: Tim Burton
Writer: Seth Grahame-Smith, John-August
Stars: Johnny Depp, Michelle Pfeiffer, Eva Green, Helena Bonham Carter, Chloë Grace Moretz
Genres: Comedy, Fantasy

An imprisoned vampire, Barnabas Collins, is set free and returns to his ancestral home, where his dysfunctional descendants are in need of his protection.

Lagi lagi film “paket” dari sutradara Tim Burton. Yang saya maksud dengan paket adalah artis-artis yang bermain dalam film ini. Johnny Depp dan Helena Bonham Carter, Sepertinya mereka memang artis favorit Tim Burton. Mengingatkan saya pada “paket” Christopher Nolan-Christian Bale.

Dua hal yang membuat saya tertarik dengan film ini. Pertama, nama besar Tim Burton dan Johnny Depp. Kolaborasi mereka menghasilkan film-film yang bagus, salah satunya Edward Scissorhand (1990), film jadul tapi benar-benar keren. Alasan kedua adalah Chloë Grace Moretz, artis cilik yang cantik sekaligus imut. Hampir semua filmnya sudah saya tonton.

Pertama kali melihat trailernya, 1 menit pertama, wah sepertinya ini film thriller. Barnabas Collins (Johnny Depp), seorang kaya raya yang dikutuk menjadi vampire oleh Angelique Bouchard (Eva Green), karena cintanya ditolak. Barnabas lalu dikubur hidup-hidup oleh penduduk setempat. Setelah 220 tahun terkubur dalam kegelapan, akhirnya Barnabas bisa bebas. Ketika kembali ke rumahnya, Barnabas mendapati rumahnya dalam keadaan yang sangat buruk. Walaupun keturunannya masih tinggal di rumah itu, tapi mereka mulai jatuh miskin. Bisnis pengalengan ikan milik keluarga Barnabas telah kalah oleh perusahaan pesaingnya, Angel Bay. Ternyata pemilik usaha Angel Bay ini adalah Angelique yang terus bereinkarnasi selama beberapa generasi. Kali ini, Barnabas harus menyelamatkan keturunannya dari kebangkrutan, sekaligus membalas dendam kepada Angelique.

Ternyata film ini mengusung komedi sebagai elemen utama. Tingkah barnabas yang harus menyesuaikan di zaman baru menjadi hal yang kocak. Tapi dari segi cerita, film ini menjadi kurang menarik. Endingnya terasa terlalu simpel. Tokoh-tokoh dari keluarga Barnabas yang memberi kesan “sepertinya mereka memiliki cerita masa lalu yang vital” tapi tidak sempat diceritakan dengan detil karena keterbatasan durasi film. Ini mungkin akibat film Dark Shadow ini diangkat dari sebuah serial televisi House Of Dark Shadow (1970). Sehingga terasa cerita 1 season yang dimampatkan menjadi 1 film.

Terlepas dari ceritanya, film ini menampilkan akting-akting yang unik dan kostum-kostum yang unik pula. Seperti film-film Tim Burton lainnya, Charlie and The Chocolate Factory (2005), dan Alice in Wonderland (2010). Dan yang terpenting adalah Chloë Grace Moretz yang terlihat cantik. Dandanannya membuat saya bergumam “Wow, walaupun masih 15 tahun, tapi tidak terlihat seperti anak kecil lagi”.

Advertisements
This entry was posted in Movies.

Feel Free To Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s