Rossi is back! Juara 2 di sirkuit Le Mans, Prancis

Akhirnya, setelah penantian selama 1 tahun lebih. Valentino Rossi kembali naik ke podium. Kali ini race motoGP 2012 di sirkuit Le Mans, Prancis dijuarai oleh Jorge Lorenzo, Rossi di posisi kedua, dan Casey Stoner di posisi 3. Stoner sedikit kurang beruntung, sehingga harus finish di posisi 3 saja. Sedangkan Lorenzo, mengutip kata-kata komentator tadi, “He disappear in the front”, sejak awal race di posisi depan, tidak terkejar.

Menurut saya, ada beberapa faktor yang menyebabkan Rossi bisa mencapai posisi 2 pada race kali ini.

  • Rossi memiliki track record yang bagus di sirkuit Le Mans

Pada motoGP 2008 Rossi menjuarai race bersama yamaha. Lalu di tahun 2009, Rossi kurang beruntung karena jatuh keluar sirkuit. Di tahun 2010 bersama yamaha Rossi mendapatkan posisi ke-2. Lalu tahun lalu, motoGP 2011, Rossi mempersembahkan satu-satunya podium untuk Ducati dengan merebut posisi ke-3. Jadi bisa dikatakan Rossi sudah hapal dengan karakteristik sirkuit Le Mans ini.

  • Rossi sudah menemukan setting yang pas untuk Desmosedici GP12-nya

Pada race sebelumnya di portugal, Rossi mencoba settingan yang sama dengan Nicky Hayden. Lalu mencoba mengubah gaya membalapnya. Perubahan itu memberi hasil positif, Rossi bisa finish di posisi 7, posisi terbaik yang dicapai Rossi sebelumnya. Selain itu jarak antara Rossi dengan posisi terdepan (Casey Stoner) sebesar 26 detik dianggap Rossi sebagai hasil yang positif.

  • Wet race

Beberapa race sebelumnya, penampilan Rossi di sesi latihan saat kondisi track basah lebih bagus dibanding track kering. Tapi ketika race dinyatakan dry race, Rossi tercecer di belakang. Mungkin karena track yang basah membuat rider-rider lain menjadi lebih berhati-hati dan menjadi lebih lambat.

  • Hilangnya pressure dari Dovisioso & Crutchlow

Pada awal race, Rossi berebut posisi ketiga bersama dengan Dovisioso dan Cructhlow. Akhirnya pada lap ke-18, Crutchlow melakukan kesalahan dan jatuh keluar jalur, menyisakan Rossi bersaing dengan Dovisioso saja. Lalu pada lap ke-25 giliran Dovisioso yang harus terlempar jatuh keluar jalur. Hilangnya Dovisioso dan Crutchlow dari persaingan memperebutkan tempat ketiga tentunya membuat Rossi bisa lebih fokus mengejar Stoner di depannya.

  • Stoner terhalang oleh Yonny Hernandez

Bisa dibilang ini adalah ketidakberuntungan Stoner. Sejak pertengahan race, sudah mulai terjadi adegan overlap. Lalu pada saat race tersisa 5 lap lagi, Stoner harus terhalang oleh Yonny Hernandez yang tidak sadar Stoner sudah ada di belakangnya. Terhambatnya Stoner memberikan kesempatan untuk Rossi memperkecil gap. Akhirnya sisa 3 lap terakhir terjadi aksi overtaking antara Rossi dan Stoner. Pertarungan kedua rival ini akhirnya dimenangkan oleh Valentino Rossi.

 

sumber foto: http://motogprace.wordpress.com/2012/05/20/hasil-balapan-le-mans-prancis/

Advertisements

One comment on “Rossi is back! Juara 2 di sirkuit Le Mans, Prancis

  1. Johan says:

    momennya pas bgt, abis stoner ngumumin dia mau pensiun

Feel Free To Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s