MotoGP so far, bursa transfer rider

Jika teman-teman yang lain selalu membicarakan bursa transfer pemain bola, saya lebih suka memperhatikan bursa transfer untuk rider MotoGP. Prediksi-prediksi mengenai pembalap siapa akan membela tim mana di musim 2013 nanti menjadi lebih menarik. Keputusan mengejutkan pertama datang dari juara dunia MotoGP musim 2011 yang lalu, Casey Stoner. Stoner menyatakan diri untuk pensiun dari dunia MotoGP[1]. Kepergian Stoner ini akan menyisakan 1 kursi kosong di tim Repsol Honda. Untungnya keputusan ini Stoner umumkan di awal-awal musim, sehingga para rider dan tim memiliki banyak waktu untuk berpikir.

Berita berikutnya muncul dari Jorge Lorenzo. Lorenzo menandatangani perpanjangan kontrak selama 2 tahun ke depan bersama tim Yamaha, menepis isu akan kepindahannya ke Honda[2]. Isu berikutnya yang muncul adalah tentang naiknya Marc Marquez dari kelas Moto2 ke MotoGP. Adanya “Rookie rule” menghalangi pembalap baru dari kelas Moto2 untuk bergabung dengan tim pabrikan, sehingga Marquez diprediksi akan mengisi salah satu kursi di tim satelit. Namun ternyata “Rookie rule” ini akan dihapus sejak musim 2013 nanti[3]. Pada akhirnya, tim Repsol Honda mengumumkan telah mengontrak Dani Pedrossa dan Marc Marquez untuk 2 tahun kedepan[4].

Berikutnya berhembus isu bahwa tim Ducati menawarkan kontrak kepada pembalap Yamaha Tech 3, Cal Crutchlow[5]. Rookie of the year pada musim 2011 kemarin ini dikabarkan akan menggantikan posisi Nicky Hayden di Ducati. Tapi akhirnya Hayden akhirnya berhasil mengamankan posisinya di tim Ducati dengan memperpanjang kontraknya selama 1 tahun[6]. Walaupun begitu, masih ada kemungkinan untuk Crutchlow bergabung dengan Ducati, jika Valentino Rossi memutuskan untuk hengkang dari tim Ducati.

Bagaimana dengan Valentino Rossi sendiri? Kontraknya dengan tim Ducati akan habis tahun ini. Kemanakah Rossi akan berlabuh? Banyak yang berspekulasi Rossi akan kembali ke tim Yamaha, berdampingan dengan Lorenzo. Honda juga tertarik untuk mengontrak Rossi kembali. Tapi karena 2 kursi tim Repsol Honda telah terisi, Rossi mungkin akan bergabung dengan tim satelit Honda (San Carlo Honda Gressini). Walaupun begitu Ducati tentu saja akan bersikeras mempertahankan Rossi. Apalagi dengan berpindahnya kepemilikan Ducati kepada Audi dan pernyataan kesiapan Audi untuk mendukung Rossi sepenuhnya untuk kompetitif di Ducati, membuat isu lebih condong Rossi bertahan di Ducati[7].

Kursi kosong lainnya ada pada tim Yamaha Factory Racing. Rider tim Yamaha, Ben Spies, telah memutuskan untuk tidak melanjutkan kontraknya. Mungkin Spies akan kembali ke ajang Superbike[8]. Andrea Dovisioso menjadi kandidat yang kuat untuk mendampingi Lorenzo. Penampilannya yang baik pada tim satelit Yamaha Tech 3 membuatnya layak mendapatkan posisi ini. Mungkin hal ini akan jadi kenyataan jika Rossi resmi menandatangani kontrak dengan Ducati.

Stefan Bradl akan terus membalap dengan tim satelit San Carlo Honda Gressini. Juara Moto2 2011 ini masih menyisakan satu tahun kontrak dengan tim tersebut[9]. Untuk Pramac Racing Team, saya belum mendengar berita apapun, apakah Hector Barbera akan terus dipertahankan atau tidak. Last but not least, saya juga tidak tahu bagaimana dengan bursa rider di tim CRT. Lagipula, apakah MotoGP 2013 nanti akan terus mengikutsertakan tim CRT yang kurang kompetitif?

[1]http://www.motogp.com/en/news/2012/Casey+retirement
[2]http://www.motogp.com/en/news/2012/Yamaha+confirms+Lorenzo+for+2013+and+2014
[3]http://www.motogp.com/en/news/2012/FIM+rule+changes
[4]http://www.motogp.com/en/news/2012/pedrosa+and+marquez+to+race+together+in+Repsol+Honda
[5]http://www.motorcyclenews.com/MCN/sport/sportresults/MotoGP/2012/July/jul1212-crutchlow-waiting-on-ducati-contract/_/R-EPI-137125
[6]http://www.motogp.com/en/news/2012/Hayden+renews+Ducati+contract
[7]http://www.motogp.com/en/news/2012/Rossi+hints+at+his+future+with+Ducati+under+Audi+ownership
[8]http://www.motogp.com/en/news/2012/Lorenzo+interview+USA+preevent
[9]http://www.motogp.com/en/news/2011/LCR+Honda+Bradl+twoyear+MotoGP+deal

Advertisements

One comment on “MotoGP so far, bursa transfer rider

  1. […] postingan saya sebelumnya “MotoGP so far, bursa transfer rider“, akhirnya Valentino Rossi memberi keputusan tentang karirnya di motoGP. Rossi memutuskan […]

Feel Free To Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s