ingin sehat? gunakan tangga

Stiker tersebut terpasang di elevator di gedung elektro di kampus saya. Sebuah anjuran untuk menggunakan tangga daripada elevator agar lebih sehat. Secara arsitektur, bangunan ini memiliki 5 lantai, dari basement sampai ke lantai 4. Tangga pun terletak tepat di depan elevator ini, tidak seperti mall-mall yang lokasi eskalator dan elevatornya (biasanya) berjauhan. Elevator ini biasanya hanya mampu menampung 4-5 orang saja. Karenya minimnya kapasitas, sedangkan orang-orang yang ingin menggunakan elevator banyak, maka ada aturan tidak tertulis, seperti:

  1. Sebaiknya gunakan tangga jika hanya naik 1 lantai.
  2. Sebaiknya gunakan tangga untuk turun.

Jadi, seperti yang dianjurkan oleh stiker itu, gunakan tangga jika ingin sehat. Oh ya, ada hal menarik yang ingin saya bahas di sini. Tentang persepsi menerjemahkan anjuran ini. Saya melihat ada 3 kemungkinan orang menerjemahkan anjuran ini.

Pertama, versi orang biasa. Orang biasa akan mengikuti anjuran ini dengan cara menggunakan tangga dalam keadaan apapun, bahkan untuk naik dari basement sampai ke lantai 4. Kedua, versi orang teliti. Orang yang teliti akan melihat, bahwa pada gambar tersebut, orang itu sedang menuruni tangga, jadi orang yang teliti akan menggunakan tangga ketika turun saja. Ketiga, versi orang gila. Nah, untuk orang yang ini, dia akan melihat bahwa agar sehat, maka seseorang harus menggunakan tangga untuk naik, dan berjalan mundur. Haha.

Advertisements

One comment on “ingin sehat? gunakan tangga

  1. Johan says:

    yang ketiga aneh banget :))

Feel Free To Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s