Batman, versi modern dari Zorro

The Mask of Zorro (1998)The Mask of Zorro (1998)

Rating: 6.7/10 from 88,636 users
Director: Martin Campbell
Writers: Johnston McCulley, Ted Elliot
Stars: Antonio Banderas, Catherine Zeta-Jones, Anthony Hopkins
Genres: Action, Adveture, Romance

The elder Zorro trains his replacement to fight the enemy Montero.

Beberapa hari yang lalu saya mendownload film The Mask of Zorro (1998). Saat menonton film ini saya menyadari satu hal, “wow, konsep Zorro ini mirip dengan konsep Batman”. Atau mungkin konsep Batman yang mirip dengan Zorro, karena Zorro muncul lebih dulu. Akhirnya ketika saya membaca trivia film ini di IMDB, ternyata memang Zorro itu salah satu sumber inspirasi dari Batman. Apa saja persamaan mereka?

Double life. Identitas asli Zorro adalah Don Diego de la Vega, seorang bangsawan spanyol, tetapi memakai topeng Zorro untuk membela rakyat. Seperti Bruce Wayne yang kaya raya dan memberantas kejahatan di Gotham. Agar tidak dicurigai sebagai Zorro, Diego de la Vega menyembunyikan kemampuannya berpedang, dan alih-alih dia menaruh minatnya pada seni, dan hal-hal yang dilakukan bangsawan-bangsawan lainnya.

Butler. Keduanya memiliki seorang pelayan setia. Zorro memiliki Bernardo, dan Batman memiliki Alfred.

Secret cave. Ternyata Zorro juga memiliki gua rahasia. Tempatnya berlatih, dan tempatnya menyembunyikan peralatan-peralatan Zorro-nya. Gua ini terhubung dengan kediaman Diego de la Vega.

Deception. Zorro dan Batman tidak mengandalkan kekuatan otot saja untuk melawan musuhnya, tetepi menggunakan deception (penipuan, pengalihan) dalam melawan musuhnya. Ketrampilan akrobat Zorro dan kecepatannya digunakannya untuk melawan musuh memanfaatkan area sekitar mereka bertarung.

Help Signal. Jika di Batman ada Bat-Signal, lampu sorot yang bersimbol Batman untuk meminta pertolongan Batman, maka di Zorro cara yang digunakan lebih tradisional. Di film Zorro loceng gereja akan dibunyikan 5x untuk meminta pertolongan Zorro.

Hero as a symbol. Seperti Batman Trilogi versi Christopher Nolan, Zorro adalah sebuah simbol pelindung kotanya. Karena itu Zorro bisa siapa saja. Pada film yang saya tonton, Diego de la Vega yang sudah tua meneruskan posisi Zorro kepada Alejandro Murrieta.

Film The Legend of Zorro (2005) dimana Alejandro Murieta melanjutkan posisinya sebagai Zorro tidak menuai sukses seperti pendahulunya. Menurut saya juga The Mask of Zorro (1998) lebih bagus. Dan saat saya baca berita, ternyata Hollywood berencana me-reebot film Zorro (Zorro Reborn), dengan setting yang lebih futuristik.

Advertisements
This entry was posted in Movies.

One comment on “Batman, versi modern dari Zorro

  1. Mr. ANdry says:

    ane paling suka ni film..apalagi sama catrine zeta jones hehehe

Feel Free To Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s